28 Oktober 2012

KARAkTEr SESEORANG UNTUK MENJADI PEMImPIN YANG BAIK


                       TOPIK DISKUSI:

(KONTRAKAN  LANNI JAYA JOYOBOYO  KOTA STUDY SURABAYA JAWA TIMUR)

KARAkTEr SESEORANG UNTUK MENJADI PEMImPIN YANG BAIK

A       SETIAP ORANG  ADALAH PEMIPIN
            Pada dasarnya setiap orang yang telah dilairkan  untuk menjadi pemimpin, dan hampir seluruh waktu yang kita miliki digunakan untuk memimpin diri sendiri, baik di kehidupan sehari- hari maupun dalam berinetraksi dengan pekerjaan dengan  ikatan yang tertentu, tidak ada seorang pun yang mampu mengantur dan menguasai diri kita sepenunya selain diri kita sendiri.
Menjadi pemimpin tak semudah yang dibayangkan orang, ia harus siap yang  memaafkan satu sama yang lain. Bukan saja siap secara intelek tual, namun siap pula moralitasnya. Seorang pemimpin adalah sosok figur yang ditambahkan pengikutnya atau bawahanya, karena itu setiap langkah dan perilakunya harusnya menjadi teladang dan patut diteladani. Seorang pemimpin adalah seorang yang dimiliki kemapuan diatas pengikut bawahannya atau akota pada umumnya. Singkatnya seorang pemimpi harus memiliiki kelebihan atau sifat positif dibandingkan dengan yang lainya.
B       keahlian dan kopentensi pemimpin       
       Papakar dibidang manajemen khususnya dalam hal membahas kepemimpinan, dalam memandang atau merumuskan keahlian- keahlin atau kompentensi-kopentensi kepada sudut padang, cara berpikir dan pengalamannya.
c. pemimpin yang aktif / sukses
       ciri-ciri pemimpin yang baik adalah mampu menciptakan situasi atau keadaan ada pada lingkugan yang tempat, mengetahui kebutuan-kebutuan dasar bawahannya , mampu mengedalikan keuagan, personalia, dan perecanaha, mampu menghidari tujuan dari hal hal yang mematikan sertah demikian pemimpin juga sangkup memberikan 10 aspek yang harus dsikuasai oleh seseorang pemimin serta jayarannya yang baik supaya agar
1.  Perilakunya terpuji jujur dapat dipersaya, memengan komitmen memeliki prinsip hidup yang kuat, konsisten, dengan ucapannya, memiliki ilmu dan pengalaman yang semaksimal mungkin .
2. Memiliki keberanian meliputi; berani membela yang benar berpegan teguh pada pendirian yang benar, tidak takut gagal, berani mengambil resiko, berani bertangunjawab atas kepemimpinannya .
3. Mampu berpindato tercermin dalam ; mampu merangkai himpomasi dan komunikasi demikian berkata-kata dalam pemimpin  mampu menjerderhanakan  masalah, berbicara menarik peratian, penyelasannya senderanak dan muda ditingkatkan, mampu mennyetu hati nurani, mengetahui dan menganalisis berbenda pendapat, menguhasai beberapa bahasa.
4. Mampu mepengarui orng lain, dapat diliat dari ; membuat orang lain merasa penting senang,membantu kesulitan orang lain,megemukakan wawasan degan cara padang positif,tidak merasakan orang lain,siap menjadi sukarelawan,memiliki keahlian atau kelebian.
5. Mampu membuat strategi,tercermin didalam; meguasai medan, memiliki wawasan luas,berpikir cerdas kreaktif dan inovatif,mampu melihat masalah secara komprehensif,mampu menyusun skala prioritas,mampu memprediksi masadepan.
6. Memiliki moral yang tigi dapat dilihat dari ;tidak mau mtidak suka menyakiti orang lain,menghargai siapa dia orangnya,bersikap santun,tidak suka konflik tidak mau memeiliki yang bukan haknya, perkataannya terkendali,tidak tutnduknya senantiasa menjadi contoh;
7. Memiliki rasa humor,bertanggunjawab penuh atas pemimpinnya tercemin.
8. Mampu mejadi mediator,terganbarkan.
9. Mampu menjadi motivator,tercermin
10. Mampu megedalikan diri ,tergambarkan dalan:
Joyoboyo As. Kontrakkan Lanny Jaya

v  Memiliki kompentensi dan profesionalisme dalam melksanakan apa yang menjadi tugas pokok, fungsi,kewenagan, dan tagunggunjawabnya.
v  Memilik visi kedepan yang jelas,terutama yang menduduki jabatan pimpinan.
v  Memilik sikap dan perilaku yang baik,yang layak menjadi panutan masa kelompok yang dilayaninya.
v  Memiliki manajemen yang andal berupa manajemen yang yang kondusikompetitif,responsive,dan adaftifdalam menyelegarakan pemerintahan,pembagunan dan layanan masyarakat.

D.  Lembaga admnistrasi   
          Pada umum dan singkatnya seorang pemimpin harus mampu merancang atau merumuskan apa yang menjadi visi-misi tujuan sasaran,nilai-nilai organisasi, dan memberi peluang kepada orang-orang yang ada dalam organisasi untuk berperan.selain itu,seorang pemimpin harus mampu  merumuskan apa yang menjadi kebijakan strategi,dan struktur pelaksanaa kegiatan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Sebagai guru.seorang pemimpin harus mampu membangkit kan organisasi pembelajaran,yakni membantu orang-orang yang ada dalam organisasi untuk memahami realitas yang ada secara cepat,tepat dan benar,artinya seorang pemimpin harus mampu membuat organisasi sebagai tempat belajar bagi  para strafnya.     

Fungsi kepemmimppinan
        Pemimpin sebagai penentu arah,pemimpin sebagai wakil dan juru bicara organisasi ,pemimpin sebagai komunikator yang efektif,pemimpin sebagai mediator,pemimpin sebagai integrator.publik,setidaknya dapat di identifikasikan konpentensi dan keahlian sebagai berikut,
     Sesuguhnya setiap manusia dilahirkan menjadikan PEMIMPIN karena anda telah menjadi pemenag diantara 200 juta sel sperma dan setiap manusia akan manusia adalahpemimin pada hakikatnya.problematika yang muncul di dunia ini,juga menjadi penjebap munculnya pemimpin.adalah pemimpin yang masih umum,sedang kan manajer itu pemimpin yang kusus pada perusahan meski padagan ini  seringdi balik,sebelum orangdalam lingkup luas atau besar,ia harus biasmemimpin dalam lingkup kecil yaitu mulai dirinya,keluarganya. Pemimpin harus bias mensejahterakan pegikutnya dan tidak mementingkan dirinya sendri,seta tidak merugikan orang lain dan lingkugan sekitarnya.segala msala yang muncul merupakan tangtagan tersendiri bagi seorang pemimpin.
       
Kesimpulan
Pada prinsipnya karakter seorang untuk menjadi pemimpin yang aktif atau benar adlah, Kemauan atau keiginan,demikian sifat karakter pembawaan kita akan menjadi pemimp,Membacalah buku banyak memberanikan diri berbicara setiap pada momentum,seperti diskusi lepas, undagan rapat,Hadirlah saat ada undagan pertemuan lebih awalmegharakan diri di tempat yang sudah tercantum dalam surat undagan duduklah lebidepan,pada sahat pertemuan berlangsung mengharakan konsentrasi focus ke meja pimpinan rapat dalam pertemuan,lebih banyak membuka diri segipertanyaan maupun megeluarkan ide /pendapat, melibatkan diri dalam organisasi yang yang terkaitnya degan visi dan misi organ itu.  

LEMBAR PERTANAAN DAN TAMBAHAN DARI ANGGOTA DISKUSI:


A. PERTANYAAN :                                                                                                                  
ü  1. Yendi Wenda = Kompentesi Pemimpinnya seperti apa
ü  2.   Tonien Wenda = Singkatnya seorang pempimpin harus memiliki kelebihan atau positif di  bandingkan dengan  yang lain orang lain itu seperti apa.
ü  3. Derois -Yigibalom  = Harus di kuasi jajarannya itu seperti apa         
ü  4.Yepi Kogoya  = Ciri2 pemimpin yang baik adalah mampu mengedalikan situasi     
ü 5.     Irion Wonda  = Sepuluh Aspek itu seperti apa          
ü  6.Yendi Wenda = Mampu menjadi mendiator tergambarkan seperti apa?
ü  7.Yepi Lia Wenda = Pemimpin yang aktif dan sukses namun suksesnya itu seperti apa.

B. TAMBAHAN 

ü    1. Yepi Kogoya -Seseorang yang bekerja dalam pegawai Negeri sipil dan lain.
ü  2. Yason Yoman - dalam kepempinan di kuasai harus di mengatur organisasi dalam internal maupun external. contohnya organisasi kecil yang kita jalankan diskusi ini semua punya kaki tangan.
ü  3. Yason Yoman Memberikan contoh salah satu Pempimpin daerah yaitu Wellinton L Wenda. Sukses dalam  kepemimpinannya mendapatkan salah satu yang di harapkan masyarakat setempat.
ü  4.Irion Wonda = Memberikan salah satu contoh yaitu di dalam Pendidikan Perguruan tinggi yang menimbah ilmu aktif namun tidak mendapatkan gelar akhir di bilan tidak sukses. dan Mendapatkan gelar sesuai dengan bidang atau jurusannya sendiri maka sukses sesuai dengan di harapkan orang tua maupun diri kita sendiri.



Reaksi:

1 komentar:

UNDEGROUND Paper mengatakan...

Artikelnya bagusss...
Pemimpin memiliki peran yang sangat vital dalam organisasi. keberlangsungan hidup sebuah organisasi tergantung dari karakter pemimpinnya.
Sekedar ingin berbagi aja, barangkali bisa menambah sedikit referensi mengenai karakteristik kepemimpinan yang dapat dijadikan teladan.
Klik --> Makalah Peran Kepemimpinan di Martha Tilaar